Paxel; Solusi Ekspedisi Dalam Sehari

Happiness Hero Paxel
Happiness Hero Paxel

Di era yang serba digital saat ini, hampir semua keperluan kita sehari-hari selesai hanya dalam genggaman tangan. Bener gak sih? misalnya pas mau pergi-pergi, sekarang gak perlu repot nungguin kendaraan umum di pinggir jalan. Tinggal buka aplikasi ojek online, order, tiba-tiba ada driver jemput ke tempat. Atau kalau lagi lapar tinggal buka aplikasi dengan cara yang sama, makanan tiba-tiba diantar sampai rumah. Praktis bukan? Kalau saya pribadi sih sangat merasakan manfaat digitalisasi ini.

Kabar baiknya, pelayanan yang serupa sekarang sudah ada di jasa pengiriman barang. Jadi kita bisa kirim barang melalui aplikasi di gawai tanpa perlu repot mengantar barang ke agen pengiriman. Ya walaupun ada beberapa ekspedisi yang memiliki layanan pic up juga, tapi dengan aplikasi ini kita bahkan bisa memantau proses pengiriman secara lebih detail. Keren kan? nah, di blogpost saya kali ini, mari kita obrolin lebih jelas mengenai aplikasi pengiriman barang yang bernama PAXEL ini.

Proses kirim itu penting bagi pedagang online lho!


Pedagang online itu susah-susah gampang lho. Banyak aspek yang harus disiapkan untuk memuaskan para customer. Bukan hanya soal kualitas barang atau harga produk yang kita jual, tetapi juga perkara respon hingga proses pengiriman barang. Satu saja aspek mengecewakan, gugur sudah kepercayaan pelanggan pada kita. Soal produk atau respon sih sudah pasti menjadi tanggung jawab kita sendiri dan masih bisa kita usahakan sebaik-baiknya. Tapi kalau soal proses pengiriman? ini kan sudah menjadi urusan pihak ketiga, dalam hal ini ya jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Sementara kita hanya bisa membantu untuk memantau saja dalam prosesnya. 

Tak jarang lho, saya dimarahin sama customer gara-gara proses pengiriman barang yang lebih dari estimasi waktunya. Sebagai contoh saya pernah mengirim barang ke cust yang berada di daerah Sulawesi (saya lupa antara Makasar atau Palu). Saya pilihkan ekspedisi dengan biaya paling murah saat itu, secara pengiriman luar pulau itu kan lumayan biayanya bok! Nah, singkat cerita estimasi waktu yang seharusnya 3 hari, sampai hitungan minggu bahkan bulan gak sampai juga. Gila gak sih? ya saya yang gila jadinya. Uda syukur gak dibilang penipu sama cust. :(

Untungnya sih, cust saya tu lumayan sabar. Pas seminggu paketan tidak sampai baru ia tanyakan. Nah pas saya trekking, barangnya ada di Kalimantan. "Ahelah Jamaaaaal, gimana ceritanya tu barang nyasar sampai sana!" Dengan segala jurus saya coba meminta cust untuk sabar menunggu sampai akhirnya saya sendiri gemas dengan barang yang gak gerak dari tempat terakhir. Oleh ekspedisi, saya hanya disuruh menunggu juga. "Inginku maraaah~ melampiaskan~"

Demi memelihara kepercayaan cust, saya pun terpaksa kembali mengirim barang yang sama (dengan nilai yang lumayan shaaay!) ke cust di minggu kedua dengan ekspedisi lainnya. Dalam hitungan hari, cust sudah mengirimkan foto barang yang sudah ada di tangannya. Lega campur pening sih, secara saya nombok banyak untuk transaksi kali itu. Nah, sekitar 2 minggu berikutnya, barang yang ngendon di Kalimantan itu akhirnya sampai dong! Untungnya, cust saya pengertian. Dia transfer uang lagi sebagai ganti barang yang double. "Huf, lega gak jadi rugi!" Bagaimana dengan ekspedisi bgst yang pertama? hmm jangan tanya. Cuma minta maaf dan bikin alesan sedang ada pergantian menejemen di cabang Sulawesi & Kalimantan. Ah, bodo amat. Langsung putus hubungan dan meimilih gak pakai lagi jasanya. Bhay!

So, jadi paham kan betapa pentingnya memilih ekspedisi sebagai mitra pengiriman barang? Sekarang bagi saya harga itu nomor dua yang penting pelayanan dan proses pengirimannya yang prima. Buat apa harga lebih murah tapi pelayanan macam asap kenalpot. "Bikin nyesek coi!"

Gathering Paxel di Solo 


Nah, minggu lalu saya diundang acara gathering PAXEL. Jasa pengiriman barang berbasis aplikasi. Rasanya tu kayak dapat gebetan baru pas lagi patah-patahnya gitu. Apalagi mereka memiliki misi mengantarkan barang di hari yang sama alias same day. Macam baru ketemu siang, malamnya bilang kangen. "Ahelaaaa cepet amat! wkwkwk"

Bapak Djohari Zein saat gathering Paxel di Solo
Bapak Djohari Zein saat gathering Paxel di Solo
Istimewanya lagi, Paxel ini memiliki moto #ANTARKANKEBAIKAN di mana orientasi utama mereka bukan lah soal keuntungan materi semata, tetapi juga menyampaikan kebaikan untuk siapapun dan di manapun berada. Salah satunya dengan mengantarkan paket dengan cepat dan aman, sehingga membuat banyak cust puas dan bahagia. Bahkan kurir Paxel memiliki sebutan Happiness Hero lho. Sebutan ini tentu tanpa arti. Bagi Paxel, merekalah para pahlawan yang menjadi brand ambasador sekaligus ujung tombak dalam mengantar kebaikan. Dengan sebutan Happiness Hero juga akan memberikan aura positif bagi mereka sendiri dan orang sekitarnya.

Happiness Hero Paxel Solo
Happiness Hero Paxel Solo

Bapak Djohari Zein selaku founder yang sore itu hadir dalam acara gathering menjelaskan, perjalanan spiritualnya yang awalnya seorang mualaf dan melakukan ibadah di tanah suci membuatnya merasa banyak menerima kebaikan tuhan. Dari sanalah, ia bertekad ingin selalu melakukan kebaikan juga kepada orang lain. Bahkan meski Paxel belum memiliki keuntungan yang jelas, Paxel berani menjamin kebutuhan pengiriman barang RHI (Rumah Harapan Indonesia) secara gratis. Dengan begitu Paxel ikut andil dalam berbuat baik sebagai ladang amal.  

Kelebihan Paxel

Saat artikel ini ditulis, Paxel sudah ada di 4 kota di luar Jabodetabek. Yakni Bandung, Semarang, Jogja, dan Solo. Meski sebenarnya masih sangat kecil, tapi saya berharap Paxel bisa mengantarkan kebaikan secara lebih luas. Lalu, apa sih kelebihan Paxel jika dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya?


    1. Kemana saja harga sama (intracity)


    Paxel memberlakukan flat price. Artinya, semua tarif dalam satu tujuan/kota akan sama, bukan dihitung oleh jarak. Tarifnya hanya berdasarkan ukuran barang (panjang, lebar, dan tinggi) bukan beratnya. Ada tiga kategori ukuran, yakni small (seukuran kardus HP), medium (seukuran kardus sepatu), dan large (seukuran kardus mie instan). Kita juga masih bisa costum size dengan tarif yang menyesuaikan. Meski demikian, Paxel memberikan batasan berat maksimum 10kg.


    2. Sampai di hari yang sama (same day)


    Nah seperti yang sudah saya sampaikan di awal tadi, Paxel ini memiliki misi mengantarkan paket di hari yang sama. Jadi jika kamu kirim paket hari senin pagi, maka estimasi barang diterima di hari yang sama. Kecuali kalau pengiriman barang di atas COT harian yakni di atas jam 14.00 WIB, maka estimasi pengiriman masuk di hari selanjutnya, antara jam 8 - 10 pagi.


    3. Jaminan uang kembali


    Lalu, bagaimana jika barang diterima tidak sesuai estimasi waktu? Untuk hal ini Paxel tidak main-main memberikan jaminan, karena jika tak sesuai dengan waktu yang ditentukan maka biaya pengiriman akan dikembalikan alias direfund, 100%. Gila gak sih? hahaha


    4. Bebas atur waktu dan tempat


    Selain mudah order via aplikasi, kita juga bisa menentukan jam berapa  happiness hero harus mengambil atau mengantar barang yang dikirim. Tempatnya pun bisa kita tentukan. Misal kita sedang tidak ada di rumah, ya sudah tinggal bilang minta antar 1 jam kemudian. Fleksible banget kan?


    5. Gratis saldo 100 ribu


    Nah buat para pelanggan baru yang menginstall aplikasi, Paxel akan memberikan saldo sebesar 100 ribu secara cuma-cuma dan bisa langsung dipakai. Caranya, setelah install aplikasi, masukkan referal code : ajisukma, secara otomatis saldo akan bertambah sebesar 100 ribu. Lumayan banget kan!


    6. Tidak ada pembatalan order


    Tidak ada pembatalan atau penolakan order di Paxel. Selama lokasi pengirim dan penerima paket tercover oleh area Paxel, maka para Happiness Hero akan dengan senang hati melaksanakan tugasnya mengantarkan kebaikan.


    7. Asuransi hingga 10 juta rupiah


    Jika barang yang kamu kirimkan merupakan barang berharga, bisa menambah biaya asuransi sehingga jika ada kerusakan atau hal yang tak diinginkan saat proses pengiriman barang, bisa melakukan klaim dan diganti dengan nilai hingga 10 juta rupiah.


Pengalaman dan proses menggunakan Paxel

Kirim Via Aplikasi Paxel
Kirim Via Aplikasi Paxel
Tempo hari, selesai acara gathering kami dipersilakan untuk mencoba secara langsung aplikasi Paxel dengan mengirim barang ke rumah kami masing-masing. Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu buka aplikasi lalu klik create shipment, selanjutnya tinggal mengikuti prosesnya. Seperti memasukkan alamat atau lokasi pic up barang, alamat tujuan, dll. Lalu pilih ukuran barang yang akan dikirim. Nah, tarifnya sudah tercantum di dalamnya, di mana nanti akan otomatis memotong saldo yang kita punya. Misal kita ragu dengan ukuran barang yang kita submit, tenang aja. Karena nanti happiness hero yang datang akan kembali cek ukuran dan bisa menyesuaikan kesalahan kita di aplikasi tadi.


Tampilan Aplikasi Paxel
Tampilan Aplikasi Paxel
Selesai melakukan order, kita tinggal menunggu Happiness Hero datang untuk mengambil barang. Selanjutnya sama Happiness Hero ini, barang akan dibawa dan disimpan dalam loker yang tersedia sesuai dengan area yang telah dibagi-bagi. Nantinya akan ada Happiness Hero lain yang bertugas mengambil paketan kita di loker tersebut untuk kemudian diantar ke alamat tujuan. Kita cukup duduk manis saja sambil memantau perjalanan paket via aplikasi Paxel. Infonya sangat detail, setiap prosesnya selalu diupdate di aplikasi. Enak kan?

Trekking Barang Via Apps Paxel
Trekking Barang Via Apps Paxel

Kebetulan saat melakukan transaksi waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 6 sore. Berhubung sudah melebihi COT yang ditentukan yakni jam 14.00 WIB maka estimasi barang sampai di hari berikutnya sekitar jam 8-10 pagi.

Keesokan harinya, sekitar jam 10 pagi seorang happiness hero mengirimkan pesan menanyakan lokasi detail rumah saya. Tiga jam kemudian barulah paket sampai rumah. Itu artinya paket sampai melewati batas yang telah ditentukan. Seperti yang sudah dijanjikan oleh Paxel bahwa jika melampui batas waktu pengiriman maka biaya pengiriman akan direfund 100%. Kita tak perlu melakukan apapun seperti tagihan, dll. Saldo akan dikembalikan secara otomatis.

Ohiya saat porses penerimaan paket, kita diminta untuk memberikan tanda tangan virtual dan akan difoto oleh Happiness Hero sebagai bukti barang sudah diterima. Jadi sangat aman kan? karena sangat jelas siapa yang menerima paket yang kita kirim.

Tanda tangan virtual paxel
Tanda tangan virtual paxel
 
Jadi, sebagai pedagang online saya sih sangat antusias dengan adanya Paxel di dunia perekspedisian (((perekspedisian))) Indonesia. Meskipun masih ada kekurangan di dalamnya, misalnya jangkauan area yang masih terbatas, dll tapi setidaknya Paxel sudah hadir menjadi salah satu alternatif pilihan jasa pengiriman untuk customer yang berada di dalam kota atau customer yang menginginkan proses pengiriman same day. Kalau sudah ada pilihannya gini, selanjutnya kan tinggal ditawarin ke customer saja to?

Kita tunggu saja, semoga Paxel menjadi pendatang baru yang solutif bagi para pengguna jasa antar paket di Indonesia dan semakin meluas areanya. Dengan begitu semakin banyak pula kebaikan yang diantarkan oleh para Happiness Hero. 
 
Jadi, kapan kalian #AntarkanKebaikan via Happines Hero Paxel? :)










Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

8 comments

  1. kamu tau gak salah satu yang bikin aku bahagia kamu menemukan Paxel ini?
    Aku bisa bebas tugas dari Duta COD!!!

    ReplyDelete
  2. Suka pake paxel. Sameday dan trusted. Kamu kirimin aku pashmina gih buruan...

    ReplyDelete
  3. Kalau PAXEL udah bisa sampai ke Sulawesi sana, nggak bakal ada kejadian barang jualan ngendon di Kalimantan segala ini.
    Betewe-betewe, lagi ngerti alamat blog mu sing iki aku mas...wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kemana aja kamu... eh emang jarang blogpost jg sih, ehehe

      Delete
  4. mbok jangan tanda tangan virtual, lebih enak dibaca digital signature gitu.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haseekkk, mengko diarani keminggris yo opo mas, ahaha

      Delete