Keseruan NET CJ Camp 3.0 Petjaaaaaah!!!

Sudah hampir dua tahun berlalu saat artikel ini saya tulis. Telat sih, tapi daripada engga ya gak sih? Sebenarnya sudah pernah saya draft sebelumnya, tapi tiba-tiba menghilang begitu saja, kayak kamu pas aku lagi sayang-sayangnya. *Plakkk!

Jadi, pada 3-5 Februari 2017 lalu, saya kembali diundang ke Jakarta oleh NET Mediatama untuk mengikuti acara tahunan mereka yang menjadi ajang berkumpulnya Citizen Journalist dari berbagai daerah di nusantara, bahkan dunia. Acara ini sekaligus menjadi ajang berbagi ilmu seputar citizen journalism, serta memberikan apresiasi bagi CJ yang dinilai memiliki prestasi oleh redaksi NET. CJ mana yang gak mau ikut acara sekeren ini coba? Btw, untuk cerita saya di NET CJ Camp 2.0 tahun sebelumnya bisa kamu baca di sini.

NET CJ Camp 3.0
NET CJ Camp 3.0

Peserta Dari Berbagai Daerah

Seperti di NET CJ Camp sebelumnya, NET CJ Camp 3.0 kali ini CJ Solo Raya meramaikannya dengan mengirim banyak delegasi. (((delegasiiiii))). Nama-nama lama seperti Is Ariyanto, Eko Prima, Maya Nirmala, dan saya sendiri tentunya menjadi bagian di dalamnya. Sementara nama baru ada Nadiva, Bisma dan Eksani. Jadi, total ada tujuh CJ Solo Raya yang ikut berpartisipasi dalam NET CJ Camp 3.0. Sebenarnya kalau saja jadwalnya pas, masih ada beberapa nama lain dari Solo yang ikut diundang, sayangnya mereka tak bisa hadir karena alasan pekerjaan.

Nah, jika Solo yang sejak awal ingin membranding diri sebagai "kota CJ" mengirim tujuh orang CJ, bagaimana dengan daerah lain? Ternyata ada beberapa kota yang tak kalah banyak mengirim CJ nya. Seperti Medan yang kali ini terdiri dari Nedi Panjaitan, Agus Sidarta, Salomo Tobing, dan Ahmad Ridwan Nasution. Sementara Jogja yang sepertinya tak pernah ingin kalah jumlah dari Solo, kali ini ada Bayu Setiawan, Yusuf Fajar, Eki Paradisi, Ocha, Hanafi, dan Qurotul Ayun. Barangkali hanya tiga kota ini saja yang lumayan banyak menyetor nama, sementara kota lain hanya 1-3 nama saja. Yang menjadi NET CJ Camp kali ini terasa istimewa adalah adanya nama-nama CJ yang berasal dari luar negeri. Maksudnya, nama mereka yang biasanya keluar dengan liputan luar negeri ikut serta dalam acara NET CJ Camp kali ini. Seperti Arnie Simanjuntak + Rian Tangkepadang, Reja Dalimunte, Attini Zulayah, dll.

NET CJ Camp 3.0
Teman-teman CJ mulai berkumpul di The East

Keliling Studio NET

Hari pertama, seperti biasa kami berkumpul di kantor NET yang berada di gedung The East daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Saya yang sudah berada di Kota Bogor sehari sebelumnya berangkat bersama, Moh Soleh menggunakan Commuter Line. Sampai di The East, hal yang kami lakukan saat berjumpa teman lain adalah saling tukar oleh-oleh daerah masing-masing. Banyak banget!  Saya sangat suka bagian ini. *padahal gak bawa apa-apa* Ehehe Selanjutnya kami dibawa office tour untuk melihat behind the scene proses berita yang kami kirim sampai bisa tayang di TV. Kami jadi semakin tahu suasana studio saat live berlangsung seperti apa. Beberapa teman yang baru pertama kali melihat studio NET tampak antusias dengan mengambil gambar diri ke sana ke mari. Selesai tour, kami juga diberikan kesempatan sharing sesion sebentar bersama CEO Netmediatama Bapak Wisnutama, pemimpin redaksi Kang Dede Apriyadi, serta para produser dan tim redaksi.

NET CJ Camp 3.0
Office Tour NET
NET CJ Camp 3.0
Pak Wisnutama saat sharing sesion

Mendapat Banyak Ilmu dari Ahlinya

Sekitar jam 4 sore, kami kemudian berangkat ke Hulu Cai Camp Bogor, tempat berlangsungnya NET CJ Camp 3.0. Selama 3 hari 2 malam, kami mendapat banyak ilmu dari tim redaksi dan pengisi acara. Banyak sesi sharing dan diskusi yang dilakukan. Seperti saat malam pertama sampai, kami diajak berdiskusi bersama tim redaksi mulai dari berbagi tips agar liputan bisa tayang, hingga menyampaikan harapan-harapan para CJ kepada redaksi secara langsung.

Pada hari berikutnya, tema bahasan kami lebih sepesifik dengan pembicara yang istimewa dan ekspert di bidangnya. Pagi itu diawali dengan sharing sesion bersama Kang Dede Apriyadi selaku pemimpin redaksi yang membahas seputar NET CJ sebagai salah satu dari bagian dari keluarga besar NET. Kemudian kami diajarkan bagaimana PTC (Piece To Camera) yang baik oleh Rebeca Tumbel dan Euryka. Banyak tips bermanfaat yang mereka berikan, apalagi nilai liputan CJ akan semakin bertambah dan peluang untuk tayang lebih besar jika ada PTC nya. Tidak hanya itu, NET juga mendatangkan Kevin Hendrawan, vlogger yang kece badai dengan jutaan subcriber itu. Kami diberikan banyak tips tentang bagaimana membuat konten vlog yang menarik dan membangun channel youtube. Sayangnya dulu saya belum mengikuti trend vlogger sih, jadi saat acara saya tidak tahu siapa dia. Wkwkwkwk *gubrak!*

NET CJ Camp 3.0
Kang Dede saat sharing sesion
NET CJ Camp 3.0
Belajar PTC bareng Rebeca Tumbel & Eryca
NET CJ Camp 3.0
Foto Bareng Kevin Hendrawan
Bisa dibilang, NET itu selalu up to date soal isu yang lagi hangat. Selain menghadirkan tema vlog yang lagi tren, mereka juga menghadirkan tema aerial atau pengambilan gambar mengunakan drone. Saya lupa siapa pengisi acara saat itu, hehe tapi beliau memberikan banyak tips dan pengetahuan seputar dunia drone termasuk aturan di dalam penerbangannya. Misalnya dilarang terbang dekat area bandara, istana kepresidenan, dll.

Siang itu kami juga bisa berjumpa dengan Kang Bima Arya, walikota Bogor. Sebagai kota yang selalu menjadi tuan rumah berlangsungnya NET CJ Camp, Kang Bima memberikan pendapatnya mengenai peran CJ yang berkontribusi dalam perubahan kota hujan. Sekedar informasi, Bogor merupakan salah satu kota yang berhasil mengalami perubahan lebih baik berkat pewartaan CJ (khususnya oleh Moh Soleh). Misalnya trotoar rusak, taman/pasar kumuh, dll yang kemudian mendapat perhatian dari pemerintah kota setelah liputan Moh Soleh tayang di NET. Menurut Kang Bima, yang dilakukan Moh Soleh dan CJ lainnya justru menjadi kegiatan positif, karena bisa memberikan informasi dan kritik yang positif kepada pemerintah terhadap hal yang luput dari perhatian. Hmm coba semua pemimpin daerah memiliki keterbukaan yang sama soal kritik dan saran dari warganya seperti Kang Bima ini ya, bukan sibuk ngeles mulu kerjaanya. :p

NET CJ Camp 3.0
Bersama Bima Arya, Walikota Bogor

Malam Puncak Bertaburan Penghargaan

Malam puncak pun akhirnya datang. Salah satu moment yang sangat ditunggu-tunggu, karena selain banyak hiburan, juga akan banyak apresiasi yang diberikan oleh NET kepada CJ berprestasi. Nah untuk tahun 2017 ada beberapa nama yang beruntung bisa mendapat penghargaan tersebut.

  1. Di nominasi Digital Video of The Year ada nama Dedy Setiawan dari Jepara lewat video "om telolet om" yang kala itu menjadi viral di dunia maya.
  2. Nominasi The Rising Star CJ of The Year ada Faqqih Mauludin dari Bandung. Sebagai pendatang baru di dunia CJ, anak muda yang satu ini memang sangat berbakat dan kreatif sih. Salut!
  3. Nominasi Inspiring CJ of The Year dibawa pulang bapak kepala suku CJ Soloraya kami, Is Ariyanto. Orang yang selalu menyemangati kami untuk selalu "serbuuuu!!!" ini memang layak menjadi inspirator bagi para CJ. Ia bertekad menjadikan Solo menjadi kota CJ dengan mengajak banyak CJ baru dengan berbagi ilmunya tanpa takut ladang liputannya direbut. 
  4. Nama Nedi Panjaitan dari Medan juga terpanggil pada nominasi Video of The Year lewat video kerusuhan yang terjadi di Tanjung Balai.
  5. Sementara CJ of The Year kali ini dibawa pulang Mulyadi Abdullah. CJ senior asal Tarakan yang berhasil mengirim ratusan video liputan dan 95% tayang di NET. Produktif banget ya!

NET CJ Camp 3.0
Dedy Setiawan
NET CJ Camp 3.0
Faqqih Mauludin
NET CJ Camp 3.0
Is Ariyanto
NET CJ Camp 3.0
Nedi Panjaitan
NET CJ Camp 3.0
Mulyadi Abdullah
Malam itu acaranya sangat seru! Semua orang bergembira dengan bernyanyi dan berjoget bersama. Yang paling pecah adalah saat battle dance. Kami yang sudah terbagi atas beberapa tim di hari sebelumnya sudah membuat koreografi dan melakukan latihan di sela-sela kegiatan. Dengan properti seadanya, kami tampil total malam itu tanpa rasa kikuk atau malu-malu. 

NET CJ Camp 3.0
Battle Dance
Selesai acara penganugrahan, kami kemudian diajak untuk acara api unggun, barbeque dan dilanjutkan dengan menerbangkan lampion. Suasana pun berubah menjadi haru malam itu, karena Mba Dewi membacakan puisi ditengah acara. Kalau ingat itu bikin termehek-mehek deh! :')

NET CJ Camp 3.0
Penerbangan Lampion

Outbound Seru!

Hari terakhir, kami melakukan kegiatan outbound. Berbagai games kami mainkan dengan sangat seru. Kami dibagi atas beberapa kelompok. Saya sendiri bersama beberapa teman lain menamakan diri sebagai tim buras kece, dan berhasil memenangkan beberapa games. Selesai games, hadiah langsung dibagikan, termasuk dengan pemenang live tweet. Saya salah satunya. Ya lumayan lah, tidak bisa naik panggung seperti tahun sebelumnya tapi bisa dapat hadiah live twit. Ehehe

NET CJ Camp 3.0
Outbound NET CJ Camp 3.0


NET CJ Camp 3.0
Yeay! Lumayan daripada manyun. wkwkwk

Bertamu ke Balai Kota Bogor

Selesai acara outbound, kami segera berkemas. Selain mengejar jadwal pesawat dan kereta beberapa teman CJ, rencananya kami juga harus hadir ke Balai Kota Bogor atas undangan Kang Bima Arya yang mengajak kami untuk makan siang bersama sambil ngobrol santai di kantornya. Meski saat itu hari minggu, beliau benar-benar menyempatkan waktunya untuk menyambut kedatangan kami. Terharu aku tu. Ehehe Semakin senang, saat beliau memberikan bukunya pada kami yang aktif bertanya, termasuk saya. Waaa kapan lagi bisa dapet buku + tanda tangan + foto bersama mantan walikota saya ini (btw, saya pernah jadi warga Bogor sampai tahun 2015 lho jadi sempat merasakan bagaimana dipimpin beliau). Ehehe


NET CJ Camp 3.0
Kapan lagi foto sama walikota kece ini :p
Dari kegiatan NET CJ Camp ini banyak ilmu dan pelajaran yang bisa saya bawa pulang. Seru bukan? Jika kalian ingin punya pengalaman yang sama, kalian bisa gabung menjadi keluarga besar NET CJ dengan cara mengirim video liputan ke netcj.co.id sebanyak-banyaknya. Nah, untuk bisa ikut acara NET CJ Camp seperti ini biasanya akan ada beberapa syarat dan ketentuan. Kebetulan untuk NET CJ Camp 3.0 redaksi punya 3 kategori CJ yang diundang, yakni CJ yang paling banyak kirim & sering tayang, lalu CJ pemenang video of the month di tahun sebelumnya (saya masuk di dalamnya), dan yang terakhir adalah CJ pilihan redaksi. Kategori ini dipilih oleh redaksi karena dinilai memiliki potensi dan butuh dibimbing agar liputannya semakin kece.

So, sudah tahu kan asiknya menjadi CJ? yakin gak ingin bergabung menjadi agen perubahan? yuk, segera kirim video liputan menarik kamu, dan sampai jumpa di NET CJ Camp 4.0! ;)


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments

  1. Waaaaah, seru banget kegiatannya!!
    Lebih seru lagi bisa ketemu banyak orang,
    tambah kenalan, tambah temen.
    Asik banget sumpah!
    Aku penasaran sma battle dance yg cowok2 pake makeup itu hahah.
    Yang di depan itu lho nggemesin ekspresinya hahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah Iya seru ktemu banyak teman baru, :)

      Delete