Menulis Suka-suka Saja

Imogiri; salah satu kecamatan di Kabupaten Bantul yang sudah cukup dikenal khususnya bagi para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Di daer...

Sehari Menjadi Tukang Bangunan di Prudential Build Jogja

Imogiri; salah satu kecamatan di Kabupaten Bantul yang sudah cukup dikenal khususnya bagi para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Di daerah ini memang terdapat banyak destinasi wisata yang beberapa tahun belakangan ini sedang naik daun. Bahkan beberapa di antaranya seperti sudah menjadi salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi. Sebut saja Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan, dan Bukit Panguk Kediwung. Banyak wisatawan yang rela datang pagi  buta hanya demi menikmati keindahan tempat ini saat matahari terbit.

Prudential Build Jogja
Blogger di Prudential Build Jogja

Kontras dengan kesuksesan destinasi-destinasi wisata baru tersebut, tak jauh dari sana ada sebuah desa yang masih tertinggal pembangunannya dikarenakan masih banyaknya penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini saya ketahui saat mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Prudential yang bertajuk "Prudential Build Jogja; Membangun Rumah, Membangun Harapan" beberapa waktu yang lalu. 

Berangkat dari Prawirotaman, kami membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Dusun Kajor Wetan, Desa Selopamioro, Kabupaten Bantul. Kedatangan kami disambut oleh Kepala Desa Selopamioro yang dalam sambutannya mengatakan jika tingkat kemiskinan di desanya tergolong cukup tinggi. Mendengar hal itu tidak salah jika prudential memilih Selopamioro sebagai salah satu desa yang ditunjuk untuk pelaksanaan program ini.

Pruvolunteer - Prudential Build Jogja
Pruvolunteer - Prudential Build Jogja
Kepala Desa Selopamioro
Kepala Desa Selopamioro
Sekilas seputar program "Prudential Build Jogja", merupakan kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia. Kegiatan ini selain bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan sebuah rumah layak huni, juga sebagai implementasi Leadership Immersion Programme dari PRUuniversity sebagai upaya Prudential Indonesia memperkokoh sifat-sifat kepemimpinan yang berlaku di seluruh bisnis prudential sehingga para karyawan bisa lebih profesional.

Ada sekitar 20 karyawan Prudential Indonesia yang didatangkan langsung dari Jakarta untuk menjadi PRUVolunteer dalam kegiatan ini. Seragam dengan 15 blogger yang mengenakan kaos merah menyala, kami dibagi atas beberapa kelompok untuk kemudian membantu secara langsung dalam proses pembangunan rumah-rumah tersebut. Ada yang baru tahap mendirikan tembok, ada pula yang sudah proses finishing atau pengecatan.

Pruvolunteer - Prudential Build Jogja
Tim 1 Membangun Rumah

Saya sendiri bergabung di kelompok 1 yang sedang dalam proses mendirikan tembok. Dalam satu kelompok ada sekitar 10 orang yang kemudian dibagi atas beberapa tugas. Ada yang bertugas mengaduk semen, memasang batako, menyusun kerangka cakar ayam, dll. Saya bersama 2 orang lainnya mendapat jatah membentuk besi untuk menjadi persegi. Besi ini merupakan bagian dari kerangka cakar ayam yang nanti disusun oleh tim lainnya. 

Tim Mendirikan Tembok prudential build Jogja
Tim Mendirikan Tembok
Tim Mengaduk Semen
Tim Mengaduk Semen

Tim Menyusun Kerangka Cakar Ayam
Tim Menyusun Kerangka Cakar Ayam
Dulu, saya sempat penasaran dengan bagaimana orang membentuk besi-besi tersebut menjadi persegi yang presisi. Dalam kegiatan ini, saya baru memahami ada sebuah alat khusus yang digunakan untuk membengkokkan dan membentuknya sedemikian rupa. Ternyata setiap proses selalu ada alat dan caranya, tidak serumit yang saya fikirkan.

Tim Pemotong Besi
Tim Pemotong Besi

Tim Pemotong Besi
Tim Pemotong Besi

Sebelum memulai tugas masing-masing, kami diberikan arahan oleh leader soal target yang akan dicapai. Kami harus menyelesaikan 7 layer tembok batako dalam waktu beberapa jam saja. Butuh kerjasama yang baik antara tim pengaduk semen, penyusun tembok batako, dan tim lainnya agar target tersebut dapat tercapai. Misal ada keterlambatan pada pengaduk semen saja, akan mempengaruhi proses pendirikan tembok. Dalam hal ini, kami belajar tentang kerjasama tim.

Breafing TIM Sebelum Mulai
Breafing TIM Sebelum Mulai
Teman-teman PRUvolunteer pagi itu sangat antusias melakukan tugas masing-masing. Cuaca yang lumayan terik dan keringat yang bercucuran tidak menyurutkan semangat mereka. Hingga tak terasa hari sudah siang saat azan untuk salat Jumat. Kami istirahat untuk melakukan kewajiban & makan siang. Target untuk menyelesaikan 7 layer tembok batako belum kami penuhi, sehingga akan dilanjutkan setelah istirahat selesai.

Meski pada akhirnya belum sepenuhnya selesai, saat sore hari secara simbolis President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch dan National Director Habitat for Humanity Indonesia, Susanto Samsudin menyerahkan 30 kunci rumah kepada perwakilan warga dan dihadiri oleh Bupati Bantul, Drs. H. Suarsono. Dalam sambutannya, Bapak Suharsono menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Ia yakin rumah-rumah tersebut akan sangat bermanfaat untuk warganya.

Penyerahan Kunci Kepada Perwakilan Warga
Penyerahan Kunci Kepada Perwakilan Warga
Seandainya kegiatan semacam ini rutin dilakukan dan semakin banyak stakeholder yang terlibat, maka ke depan akan semakin banyak masyarakat yang terbantu dan ketimpangan pembangunan di daerah pun semakin mudah teratasi. Prudential Build Jogja membuktikan, membangun rumah sama halnya membangun sebuah harapan baru di sana, bagi kita, bagi Indonesia. 





8 comments:

  1. Saya setuju... semoga rumah yang sudah dibangun dapat selesai dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf kehidupannya. Semoga makin banyak perusahaan lain yang melakukan kegiatan sosial seperti ini sehingga peran masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan secara swadaya juga makin meningkat. Hitung-hitung membantu negara yang kemampuannya terbatas, hehe.

    Tapi bisa nih kapan-kapan undang Mas Aji buat bantu membangun rumah saya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieee... Memang kpn rencana mau membangun rumah (tangga)? wkwkwk

      Delete
  2. wah karyawan Prudential juga pada semangat ya, padahal level presdir dan manajer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rela nukang gak pandang jabatan. ahaha

      Delete
  3. Aku menjadi tukang potong besi pas di event ini. Eh, angkut batako juga bentar. Tapi beneran seru banget kegiatannya..

    ReplyDelete
  4. di balik indahnya pemandangan di sana, tersimpan cerita yang sedih ya mas melihat kondisi warga desanya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kita baru lihat sebagian saja. ehehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung & berkenan meninggalkan komentar :)