Medi-Call; Home Care Zaman Now Kini Hadir di Yogyakarta

Launching Medi-Call Yogyakarta
Launching Medi-Call Yogyakarta
Sakit merupakan hal yang tak pernah diinginkan oleh siapapun. Meski sudah banyak cara kita lakukan untuk mencegahnya, nyatanya ia sering tiba-tiba datang. Misalnya tiba-tiba demam tengah malam, anggota badan luka terkena benda tajam, atau barangkali ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit mendadak kambuh.

Nenek saya dulu memiliki riwayat hipertensi. Saat kambuh, kadang bisa langsung jatuh di tempat. Dalam situasi tersebut, tante saya pernah menyarankan untuk memberikan pertolongan pertama dengan menusuk ujung jari-jarinya menggunakan jarum atau peniti, agar darah segar mengalir keluar. Ngeri ya? Tentu. Apalagi saya tidak tahu apakah langkah tersebut benar atau tidak. Saya sering deg-deg an, takut hal itu kejadian pas hanya ada saya bersamanya di rumah. Untung belum pernah kejadian.

Sekarang giliran ayah saya yang menderita diabetes. Selain harus mondar mandir ke rumah sakit untuk check up, setiap hari ia juga wajib suntik insulin. Hingga kini diabetes memang belum ada obatnya. Penderita hanya bisa mengontrol kadar gulanya agar stabil, salah satu caranya dengan suntik insulin tersebut. Kadang kondisinya bisa drop dengan ciri badan lemas dan keringat dingin. Tak jarang keluarga dibuat panik kalau sudah begitu. 

Lain lagi dengan ibu saya yang pernah menderita vertigo. Pernah satu waktu vertigonya kambuh. Ia  merintih dan mengeluh pusing hebat, dengan pandangan memutar-mutar. Dipakai duduk ataupun berbaring katanya masih sama. Keluarga panik tak bisa berbuat banyak. Akhirnya ibu bisa istirahat setelah dokter datang dan memberikan suntikan penenang.

Dari tiga kasus yang sudah saya contohkan, sakit bisa saja tiba-tiba menyerang tanpa mengenal waktu. Tanpa bekal pengetahuan tentang kedokteran, tentu kita sebagai orang awam tak banyak tahu apa yang sebaiknya harus dilakukan. Padahal bagaimanapun juga hal tersebut membutuhkan penanganan yang professional. Cara paling benar pastinya adalah membawanya ke dokter atau memanggil dokter datang ke rumah. Namun untuk membawanya ke dokter terkadang kita juga menghadapi banyak kendala. Seperti jaraknya yang jauh, tak ada kendaraan, bahkan kita juga tak bisa memastikan apakah dokter saat itu sedang praktik atau tidak. 

Beruntunglah kita hidup di zaman yang semakin mudah. Hampir segala hal saat ini ada di genggaman tangan. Gawai merupakan salah satu alat modern yang serba guna. Dari gawai kita bisa mendapat banyak manfaat termasuk juga dengan layanan. Kalau biasanya kita bisa memanfaatkannya untuk menikmati layanan transportasi online, nah sekarang kita bisa juga memanfaatkannya dengan layanan kesehatan online!

medi-call homecare yogyakarta
Medi-Call
Adalah Medi-Call, layanan “homecare zaman now” yang kini hadir di Yogyakarta. Layanan kesehatan on demand untuk memanggil dokter atau perawat ke rumah merupakan suatu painfull problem bagi pasien yang dalam suatu kondisi atau situasi tertentu, dan tidak dapat pergi keluar rumah. Dengan medi-call ini, kita akan dihubungkan dengan layanan dokter, perawat, dan bidan secara cepat, terpercaya, dan terjangkau. Selain itu juga dapat menghubungkan ambulan klinik/RS terdekat, dan layanan lab & apotik K24. Ini yang membedakannya dengan homecare lainnya. Layanan medi-call di Yogyakarta sendiri di launching pada hari Sabtu, 27 Januari 2017 lalu oleh dr.Gideon Hartomo selaku Co-Founder & komisaris PT. Medika Nusantara Gumilang di Hi-Lab Kota Baru.

Launching Medi-Call Yogyakarta
Launching Medi-Call Yogyakarta
Cara menggunakan aplikasi medi-call ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu menginstall aplikasinya dengan mendownload di app store atau play store. Setelah itu, kita tinggal memilih salah satu dari 7 layanan yang tersedia. Medi-call akan menampilkan layanan terdekat dengan lokasi beserta estimasi harga sesuai dengan layanan kesehatan yang dipilih. Dokter akan datang dan segera melakukan penanganan terkait keluhan. Setelah selesai pasien dapat melakukan pembayaran & memberikan rating pada dokter yang menangani.

Tarif layanan panggil dokter ke rumah dan jasa perawat homecare medi-call dibagi atas beberapa komponen di antaranya; basic fee (tariff dasar maksimum partner Rp200.000,-/ kunjungan dokter & Rp120.000,-/ kunjungan perawat. Basic fee ini terdapat perbedaan harga di beberapa daerah. Kemudian untuk distance fee (biaya jarak dari lokasi partner ke pasien) Rp0,- (bila kurang dari 5 km) dan Rp10.000/km apabila melebihi 5 km. Sementara biaya tindakan (prosedur fee) bervariasi tergantung tindakan yang dilakukan, serta biaya medication/ obat yang diberikan.

Banyak jenis penyakit yang dapat ditangani oleh layanan medi-call. Seperti contoh yang sudah saya sebutkan di atas. Dengan layanan medi-call saya jadi tak perlu "malpraktek" dengan menusukkan jarum atau peniti pada ujung jari penderita hipertensi. Medi-call juga dapat membantu perawatan ayah saya yang menderita diabetes, atau perawatan lain yang memang membutuhkan tenaga medis professional sewaktu-waktu.

Launching Medi-Call Yogyakarta
Medi-Call
Medi-call sendiri sudah ada di beberapa kota seperti Jabodetabek, Surabaya, Bali, dan Yogyakarta. Kita dapat menggunakannya selama 24 jam dalam waktu 7 hari penuh. Karena sifatnya sebagai mitra (partner) medi-call tidak mewajibkan para partner untuk online. Namun dengan banyaknya jumlah partner yang semakin meningkat diharapkan dapat pula meningkatkan peluang online setiap partner. Saat ini medi-call terus melakukan recruitment partner baik dokter, perawat, maupun bidan secara online tanpa biaya (free) di sini.

Jangan kawatir, semua tenaga medis yang tergabung dalam medi-call sudah melalui proses rekrutmen yang ketat dengan proses verifikasi terlebih dahulu. Seperti dokter, verifikasi data dilakukan di website IDI, dan Konsil Kedokteran Indonesia. Sedangkan untuk perawat verifikasi dilakukan di website PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia). Jadi, sudah tak perlu bingung lagi kan jika sewaktu-waktu membutuhkan layanan medis? Pastikan medi-call ada pada genggamanmu.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

  1. Emak rempong seperti saya, butuh banget aplikasi medicall ini...Alhamdulilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin ke sini apa2 semakin mudah pokoknya ya. hehehe

      Delete
  2. Wih, ini inovasi keren banget.

    Dengan apps ini bahkan yang sakitnya pun gak perlu minta bantuan org di rumah. Ambil hp sendiri, gunain medi call home care sendiri. Keren!

    Semoga bisa diimplementasikan di seluruh Indonesia.

    Anak kos seperti saya pasti butuh nih. Jadi gak bikin org rumah cemas kalau saya sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, aku pernah sakit di kost an jg. Repot kalau mau priksa, ngerepotin tmn. Kalau ada ini kan ga ngerepotin lg ya :)

      Delete